Contoh PROSPEK PROFESI KONSTRUKSI




BAB II
PEMBAHASAN

2.1       Pengertian
Menurut Paul R. Krugman menyatakan bahwa “Prospek adalah peluang yang terjadi karena adanya usaha seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya juga untuk mendapatkan profit atau keuntungan”. Menurut SCHEIN, E.H (1962)
Profesi adalah suatu kumpulan atau set pekerjaan yang membangun suatu set norma yang sangat khusus yang berasal dari perannya yang khusus di masyarakat
. Siswanto Sutejo (1945;28) menyimpulkan secara jelas prospek adalah ; “Suatu gambaran keseluruhan, baik ancaman ataupun peluang dari kegiatan pemasaran yang akan datang yang berhunbungan dengan ketidak pastian dari aktifitas pemasaran atau penjualan”.
Sedangkan pengertian konstruksi adalah suatu kegiatan membangun sarana maupun prasarana
Maka dapat diartikan secara keseluruhan bahwa prospek profesi konstruksi bagi lulusan Teknik Sipil Polmed adalah peluang mengenai pekerjaan yang terlatih tentang kegiatan membangun sarana maupun prasarana bagi lulusan Teknik Sipil Polmed.

2.2       Peluang dan Tantangan Bagi Lulusan TPJJ POLMED
Sumber daya manusia merupakan faktor penting dalam pembangunan sektor jasa, termasuk sektor jasa konstruksi. Penciptaan SDM yang siap kerja yang berkualitas dan dapat memenuhi tantangan pasar jasa konstruksi merupakan program jangka panjang yang perlu disiapkan sejak dini. Kesadaran akan pentingnya untuk meningkatkan kapasitas melalui pelatihan dan sertifikasi kompetensi perlu dibangun. Beberapa tantangan tersebut adalah :
a.   Output pendidikan formal yang belum siap kerja;
b.   Kualitas SDM Indonesia yang tidak merata (kesenjangan pembangunan ekonomi, gap antara Indonesia Bagian Barat dan Bagian Timur;
c.   Kualitas kompetensi tenaga kerja (pendidikan, pengalaman, bahasa, dll);
d.   Belum semua industri merekrut SDM-nya berbasis kompetensi;
e.   Prosedur, persyaratan dan kualifikasi/standar profesi pemasok jasa dan tenaga kerja sektor jasa belum komprehensif;
f.    Kurang minat ekspansi di negara ASEAN lain; “bila pasar tenaga kerja domestik masih ada, mengapa harus mencari di luar?” ;
g.   Kurangnya dukungan akses permodalan/pembiayaan bagi para pelaku usaha sektor jasa nasional;
h.   Ketidakjelasan arah pengembangan sektor jasa jangka menengah panjang membuat perencanaan bisnis cenderung terbatas pada jangka pendek – menengah.
Penyedia jasa konstruksi nasional diharapkan dapat memanfaatkan peluang MEA melalui pengembangan penetrasi pasar konstruksi internasional. Hal ini bertujuan untuk memperluas lapangan pekerjaan bagi tenaga kerja konstruksi Indonesia. Di samping itu, penetrasi jasa konstruksi di negara anggota ASEAN lainnya dapat dijadikan sebagai ajang promosi konstruksi nasional serta menjadi benchmarking terhadap daya saing bagi penyedia jasa konstruksi lokal, serta untuk memperoleh pengalaman yang nantinya akan diperlukan dalam menghadapi persaingan dengan penyedia jasa asing di pasar konstruksi nasional.

Dengan pasar yang semakin luas, Anda sebagai pebisnis tentu tak bisa hanya berkutat pada pasar yang sekarang Anda miliki. Anda harus mau tak mau harus memperluas pasar
Anda sebelum orang lain yang akan meluaskan pasarnya. Persaingan memang semakin sengit dan saling mengancam, namun sebagai pebisnis Anda tak bisa hanya duduk diam saja, Anda harus bergerak cepat untuk merebut pasar sebelum kompetitor merebutnya. Jika Anda hanya diam dan hanya mengandalkan pasar yang ada saja, maka Anda bisa saja terimpit dan semakin tersisih dari persaingan pasar.
5.     Evaluasi
Terakhir, hal yang perlu disiapkan dalam menghadapi pasar bebas ASEAN  adalah evaluasi. Cepatlah untuk melakukan evaluasi yang rutin dari bisnis yang selama ini anda jalankan. Memang sebelum melangkah ke pasar yang lebih menantang ini, anda tak bisa terlalu lain pada manajemen bisnis yang anda jalankan sekarang. Meskipun anda sudah membuktikan kesuksesan dengan manajemen bisnis itu, namun pasar bebas Asia Tenggara ini akan membuat banyak perubahan yang menuntut psbisnis untuk beradaptasi menyesuaikan diri.

3.   Lulusan Teknik Sipil harus dapat berkompoten dalam bidang pekerjaan yang akan di tekuninya

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »